Rabu, 05 September 2012

Tips Membuat Garnish


Anda ingin membuat masakan yang istimewa dan berkesan? Ternyata, rasa yang lezat saja belum cukup. Anda perlu membuat masakan anda terlihat menarik. Sehingga, para penikmat masakan anda telah jatuh cinta pada pandangan pertama.

Sebagaimana anda, untuk tampil menarik masakan juga membutuhkan hiasan. Tentu saja hiasan untuk masakan harus terbuat dari bahan yang bisa dimakan. Hiasan ini biasa dikenal dengan nama garnish. Berbagai macam buah dan sayuran segar dapat diolah menjadi garnish yang menarik. Seperti apel, anggur, tomat, jeruk, mentimun, cabai, wortel dan sayur serta buah lainnya. Nah, berikut ini saya coba menyajikan beberapa tips dalam membuat garnish
Pilihlah buah dan sayuran yang berwarna kontras dengan masakan, agar garnish tidak tersamar oleh warna hidangan, misalnya, hidangan ikan diberi warna kuning atau oranye dari jeruk, steak daging diberi warna merah dari tomat, nasi goreng diberi warna hijau dari mentimun dan sebagainya.

Buah dan sayur untuk garnish harus dipilih yang segar, tidak layu dan tidak ada sedikitpun bagian yang busuk. Kesegaran bahan sangat mempengaruhi bentuk garnish yang dihasilkan.

Gunakan pisau yang tajam ditambah dengan beberapa perlengkapan penunjang sesuai kebutuhan, misalnya seperti gunting kecil, tusuk gigi, tusuk sate dan talenan.

Potong dan irislah bahan dengan gerakan menggergaji. Jangan memotong dan mengiris langsung dengan satu gerakan saja. Hal ini perlu diperhatikan untuk memudahkan pengontrolan kedalaman potongan atau irisan sesuai yang dikehendaki.

Jika tidak langsung digunakan, garnish yang sudah selesai dibuat dengan plastik, lalu simpan di lemari es agar tetap segar sampai saatnya digunakan
Untuk mencapai bentuk garnish yang sempurna, anda bisa merendamnya dalam air dingin. Karena saat direndam dalam air yang dingin, garnish yang baru dibentuk akan menyerap air, sehingga secara otomatis ia akan mengembang. Penggaraman akan membuat sayuran dan buah menjadi lebih lunak.

Membuat garnish tidak hanya membutuhkan bakat seni, tetapi yang dibutuhkan adalah kesabaran, ketekunan dan semangat untuk selalu belajar. Selain itu, kreatifitas juga dibutuhkan dalam hal ini. Pepatah lama pun berlaku, bahwa ala bisa karena biasa. Jadi anda harus rajin berlatih untuk membuat garnish. Gagal satu kali tidak boleh membuat anda patah semangat.

Demikianlah beberapa tips dalam membuat garnish yang bisa kami sajikan untuk anda. Selamat mencoba, semoga bermanfaat!

1 komentar: