Sabtu, 08 September 2012

5 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia



1. Universitas Trisakti
adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang terletak dipusat kota Jakarta, tepatnya di Jalan Kyai Tapa, Grogol, yang merupakan sebuah kawasan padat perkotaan di daerah Jakarta Barat. Dilihat dari posisi, kondisi kampus Universitas Trisakti sangatlah strategis, karena berada tepat di tengah-tengah jantung ibu kota Jakarta yang merupakan pusat pemerintahan, kegiatan bisnis, perekonomi dan politik nasional. Karena letaknya tersebut, maka Universitas Trisakti diharapkan dapat menjadi barometer perubahan beserta penggerak pembangunan daerah dan pembangunan ditingkat nasional

2. Universitas Katolik Atmajaya
Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya atau disingkat Unika Atma Jaya adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Jakarta yang didirikan oleh Yayasan Atma Jaya pada tanggal 1 Juni 1960. Kampus utama Unika Atma Jaya terletak di daerah Semanggi, Jakarta Selatan dan kampus lainnya terletak di daerah Pluit, Jakarta Utara. Unika Atma Jaya dipandang sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi swasta yang tertua dan bergengsi di Indonesia. Menurut survei terbaru dari Majalah Globe Asia (2008) Unika Atma Jaya mendapat ranking 3 di antara seluruh universitas swasta di Indonesia. Survei itu juga didukung oleh survei yang dilakukan Pusat Data dan Analisa Tempo (PDAT) terbaru (2010)yang di tingkat nasional berada di urutan keempat sebagai universitas swasta terbaik menurut persepsi calon mahasiswa dan orang tua. Dalam survey terbaru PDAT di 2011, Unika Atma Jaya masuk dalam 5 besar universitas swasta terbaik di Indonesia menurut persepsi para pengguna lulusan/kalangan dunia kerja. Sedangkan survey Majalah Tempo sejak tahun 2005 hingga 2007 menempatkan Unika Atma Jaya dalam Top 10 universitas-universitas terbaik di Indonesia.

3. Universitas Parahyangan (UNPAR)
Universitas Katolik Parahyangan atau dikenal dengan Unpar adalah salah satu universitas swasta tertua di Indonesia yang terletak di kota Bandung. Kampus utamanya terletak di Jalan Ciumbuleuit, dan kampus lainnya terletak di Jalan Merdeka dan Jalan Nias. Sebelum memiliki gedung sendiri di Jalan Merdeka, juga pernah menggunakan gedung "Panti Budaya" , (sekarang menjadi Gedung Bank Indonesia yang baru) untuk kegiatan kuliahnya.

Program Diploma dan Sarjana

Fakultas Teknik
Program Diploma
1. Teknik Sipil
Program Sarjana
1. Teknik Sipil
2. Arsitektur

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Sarjana
1. Ilmu Administrasi Negara
2. Ilmu Administrasi Niaga
3. Ilmu Hubungan Internasional

Fakultas Ekonomi
Program Diploma
1. Manajemen Perusahaan
Program Sarjana
1. Studi Pembangunan
2. Akuntansi
3. Manajemen

Fakultas Hukum

Fakultas Teknologi Industri
Program Sarjana
1. Teknik Industri
2. Teknik Kimia

Fakultas Teknologi Informasi dan Sains
Program Sarjana
1. Teknik Informatika
2. Fisika
3. Matematika

Fakultas Filsafat
1. Konsentrasi Filsafat Teologi
2. Konsentrasi Filsafat Budaya[size="4"]

4. Universitas Islam Indonesia
UII sebagai universitas swasta tertua di Indonesia, kemudian berkembang sangat pesat dengan lebih 22 fakultas cabang, tersebar diseluruh Indonesia (Surakarta, Madiun, Purwokerto, Gorontalo, Bangil, Cirebon dan Klaten) dengan pusatnya di Yogyakarta.

Namun seiring dengan kebijaksanaan pemerintah bahwa cabang universitas harus ditiadakan, maka cabang-cabang ini kemudian tumbuh sebagai perguruan tinggi baru (baik negeri ataupun swasta) atau tergabung dengan perguruan tinggi negeri yang telah ada. Jadi secara tidak langsung UII mendorong tumbuh dan berkembangnya perguruan-perguruan tinggi di berbagai kota di Indonesia dan UII secara nyata menjadi bagian dari sejarah pendidikan nasional itu sendiri.

Satu misi sederhana dalam kata namun berat, sangat berat, bahkan dalam kenyataannya yang teremban dalam perjalanan sejarah ini adalah mewujudkan kata-kata Bung Hatta dalam pidato peresmian UII kala itu: "Di Sekolah Tinggi Islam ini akan bertemu agama (religion) dengan ilmu (science) dalam kerjasama yang baik untuk membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat

5. Universitas Bina Nusantara (BINUS)
Universitas Bina Nusantara pada awalnya berasal dari sebuah institusi pelatihan komputer Modern Computer Course yang didirikan pada 21 Oktober 1974. Seiring dengan perkembangan, Modern Computer Course kemudian berkembang menjadi Akademi Teknik Komputer (ATK) pada 1 Juli 1981. Akademi ini menawarkan pendidikan manajemen informatika dan teknik informatika. Tiga tahun kemudian pada 13 Juli 1984 ATK mendapatkan status terdaftar dan berubah menjadi AMIK Jakarta. Pada 1 Juli 1985, AMIK membuka kursus di bidang komputerisasi akuntansi. AMIK mulai menggunakan nama Bina Nusantara pada 21 September 1985.

AMIK mendapatkan penghargaan akademi komputer terbaik dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada 17 Maret 1986. AMIK Bina Nusantara kemudian membentuk STMIK (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer) Bina Nusantara pada 1 Juli 1986. Institusi ini kemudian menawarkan program studi sarjana (S1) di bidang manajemen informatika dan teknik informatika.

Pada 9 November 1987 AMIK Bina Nusantara bergabung dengan STMIK Bina Nusantara membentuk satu institusi pendidikan yang menawarkan program studi diploma (D3) dan strata 1 (S1). STMIK Bina Nusantara memperoleh status disamakan untuk semua program studi pada 18 Maret 1992. STMIK Bina Nusantara kemudian membuka program studi pascasarjana manajemen sistem informasi, pertama di Indonesia pada 10 Mei 1993.

Universitas Bina Nusantara kemudian didirikan pada 8 Agustus 1996. STMIK Bina Nusantara kemudian bergabung dengan Universitas Bina Nusantara pada 20 Desember 1998.
Program Sarjana
Fakultas Ilmu Komputer

* Teknik Informatika
* Sistem Informasi
* Sistem Komputer
* Komputerisasi Akuntansi

Fakultas Sains dan Teknologi

* Teknik Industri
* Teknik Sipil
* Arsitektur
* Matematika dan Statistika

Catatan: Nama fakultas yang baru sejak perbaharuan Universitas Bina Nusantara.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis

* Manajemen
* Akuntansi
* Manajemen Perhotelan

Fakultas Bahasa dan Budaya

* Sastra Inggris
* Sastra Jepang
* Sastra China

Fakultas Komunikasi dan Multimedia

* Desain Komunikasi Visual
* Desain Interior
* Marketing Komunikasi

Fakultas Psikologi

* Psikologi

Program Ganda

* Matematika & Teknik Informatika
* Statistika & Teknik Informatika
* Manajemen & Sistem Informasi
* Akuntansi & Sistem Informasi
* Teknik Industri & Sistem Informasi
* Teknik Industri & Manajemen

Online Learning

* Manajemen Marketing
* Akuntansi
* Sistem Informasi

Program Magister
Magister Teknik Informatika

* Peminatan Information Engineering
* Peminatan IT Infrastructure Management

Magister Manajemen Sistem Informasi

* Peminatan Enterprise Information Systems
* Peminatan Information Systems Valuation

Tidak ada komentar:

Posting Komentar