Sabtu, 13 Oktober 2012

Kuis Komunikasi Gizi Jawaban Diperbaiki

Nama : Risna Herliani
NIM : 11S10032

1.       Jelaskan menurut anda apa tujuan komunikasi?
2.       Jelaskan menurut anda apa saja unsur-unsur komunikasi?
3.       Menurut anda bagaimana cara  mengatasi hambatan komunikasi?

Jawab:

1.    Menurut saya komunikasi itu tujuannya adalah untuk  memudahkan, melancarkan dalam melaksanakan kegiatan tertentu, mempunyai tujuan tertentu supaya lebih mudah. Memberikan informasi, meningkatkan pengetahuan dan wawasan, juga menumbuhkan perasaan tertentu, menyampaikan pikiran, ide/pendapat.

2.       Menurut saya unsur-unsur komunikasi adalah
-          Sumber : orang yang memprakasai/pertama melakukan komunikasi (komunikator/pembicara).
-          Pesan : adanya maksud dan tujuan yang disampaikan.
-          Media : tempat penyalur pesan, bisa melalui kontak, lisan,tulisan, isyarat, dan juga melalui teknologi       seperti HP, internet, email, telepon, surat, dll.
-          Penerima : orang yang menerima/mendapat sasaran pesan dari sumber (komunikan/yang diajak bicara).
-          Konteks, situasi fisik, social, cultural, psikologis: komunikasi berlanjut antara sumber dengan penerima.
-          Efek : akibat yang terjadi setelah menerima pesan, adanya feed back/respon.
-          Gangguan : hambatan yang dirasakan oleh sumber dan penerima ketika komunikasi berlangsung.
 
3.       Menurut saya cara mengatasi hambatan komunikasi dengan merumuskan tujuan komunikasi dengan jenis perubahan mana yang akan kita capai. Gunakan umpan balik (feedback), setiap orang yang berbicara memperhatikan umpan balik yang diberikan lawan bicaranya baik bahasa verbal maupun non verbal, kemudian memberikan penafsiran terhadap umpan balik itu secara benar. Pahami perbedaan individu atau kompleksitas individu dengan baik. Gunakan komunikasi langsung (face to face), Komunikasi langsung dapat mengatasi hambatan komunikasi karena sifatnya lebih persuasif. Gunakan bahasa yang sederhana dan mudah. Kosa kata yang digunakan hendaknya dapat dimengerti dan dipahami jangan menggunakan istilah-istilah yang sukar dimengerti pendengar. Misalnya kita dapat memilih beberapa pilihan seperti kognitif, afektif, dan konaktif. Salah satu contoh hambatannya bisa melalui sumber, pesan, media dan penerima.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar